Halaman

Sabtu, 01 Januari 2011

Deklarasi Muharam 1432 H


Ahad kemarin (12/12) pada saat hari terakhir Pekan Raya Muharram Bogor, para tokoh ormas dan lembaga Islam berkumpul di Gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) untuk membuat kesepakatan atau deklarasi bersama berkaitan dengan agenda Dakwah bersama kedepan. berikut isinya:
Deklarasi Muharram 1432 H
Berbagai Organisasi/Gerakan/Lembaga Islam se-Bogor Raya


Bismillahirrahmanirrahiim

Menyadari masalah umat Islam yang sedemikian kompleks dan dihadapi oleh semua elemen umat maka diperlukan upaya menyelesaikan masalah secara fundamental dan sistemik.

Menyadari kewajiban bersatu di dalam memegang tali agama Allah dan larangan berpecah-belah (QS. Ali Imran 103) serta kewajiban taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan menghindari konflik sesama kaum muslim (QS. Al Anfal 46) dan keharusan memperbaiki hubungan ukhuwah Islamiyyah (QS.Al Hujurat 10), maka diperlukan sarana dan upaya untuk senantiasa mewujudkan terjalinnya hubungan baik atas dasar ukhuwah Islamiyyah.

Menyadari keberadaan berbagai organisasi dan gerakan dakwah Islam yang dibenarkan adanya oleh syara’ (QS. Ali Imran 104), namun memiliki pola operasional dan administrasi serta manajemen yang berbeda satu sama lain, maka diperlukan  suatu sarana dan upaya untuk menjadi media silaturahim dan sinergi serta konsentrasi kebersamaan umat sehingga melahirkan kekuatan umat yang riil.  

Dengan kesadaran berbagai hal di atas, dan dalam rangka mengaktualisasikan makna dan hakikat hijrah yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad saw., maka kami para pimpinan dan aktivis organisasi, gerakan, dan lembaga-lembaga keislaman di wilayah Bogor Raya bersepakat untuk:

1. Mendukung sepenuhnya terbentuknya Forum Umat Islam (FUI) Bogor Raya sebagai forum yang terpercaya bagi umat Islam Bogor dalam mensinergikan seluruh gerakan Islam se Bogor Raya agar bisa menjalin ukhuwah demi tegaknya dakwah dalam mewujudkan kehidupan Islam secara kaffah berdasarkan syari’at Islam, serta siap mensosialisasikan ke seluruh masyarakat se wilayah Bogor Raya.

2. Menjalin silaturahim dan ukhuwah diantara pimpinan (tokoh) ummat Islam dan aparat pemerintahan se-Bogor Raya dari berbagai elemen umat Islam (ormas dan lembaga Islam) dengan bertukar informasi, komunikasi, dan sinergi dalam berda’wah.

3. Mendukung dan mengawal secara kritis kebijakan pemerintahan se-Bogor Raya, dalam membangun, membina, memberdayakan umat dan beramar makruf nahi mungkar.

4. Membangun kesadaran umat Islam terhadap ajaran Islam dalam aspek idelogi, politik, sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan, dengan melibatkan pihak-pihak terkait menuju masyarakat Bogor yang berakhlakul karimah.

5. Mendukung dan meningkatkan kepedulian terhadap potensi dan nilai-nilai kearifan lokal (ke-bogor-an) yang sesuai dengan ajaran Islam.

6. Membentengi akidah umat Islam dari pengaruh gerakan penodaan agama, penyesatan dan pemurtadan.

7. Membangun kebersamaan dalam perjuangan  umat Islam se-Bogor Raya dengan menjadikan kemaslahatan umat Islam sebagai kemaslahatan bersama dan utama.

8. Membangun kemandirian umat melalui gerakan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi dan sosial umat Islam sesuai syari`ah.

9. Siap mengerahkan seluruh kader dan simpatisan untuk mensukseskan setiap program bersama gerakan umat Islam  se wilayah Bogor Raya, baik dalam bentuk pelatihan kader, seminar, dauroh, mudzakaroh, bakti sosial, hingga aksi-aksi umat lainnya demi terwujudnya wilayah Bogor Raya sebagai wilayah yang rahmatan lil ’alamin. 

Semoga Allah meridhoi apa yang kami deklarasikan bersama.
`Alallahi tawakalna wa ilayhilmashir

Bogor, Ahad 6 Muharram 1432 H/12 Desember 2010 M
Kami yang mendeklarasikan
Para Pimpinan/Aktivis Ormas/Lembaga Islam Se Bogor Raya


1. Ustadz Rochilin (PD PUI Bogor)
2. Ustadz Hasyim (FPI Bogor)
3. Ustadz Priiyatna (PD PERSIS Kota Bogor)
4. Ustadz M. Fatih Abu Sahl (DPD HASMI Bogor)
5. Ustadz M. Al-Khathat (Sekjen FUI)
6. Ustadz Iyus Khaerunnas (Markaz Islam Bogor / Mesjid Raya Bogor)
7. Habib M. Bagir Shahab (WADI FM)
8. Ustadz Ahmad Fauzi (DPD HDI Bogor)
9. Ustadz W.A.R. Dhani (Forsila Abu Hanifah)
10. Ustadz Taufiq Daud (PD Muhammadiyah Bogor)
11. Deni Rahman (FKRM - Buletin Baru)
12. M. Ridho (Asosiasi Pebisnis Muslim)
13. Syaiful Falah (Suara Islam)
14. dll..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar